Melihat Museum Dharma Bhakti Kostrad, Tempat Patung Penumpas G30/S PKI ya「Gambling to make money」ng Dibongkar Halaman 2

  • 时间:
  • 浏览:0
Baca juga: Tiga Patung Penumpas G30S/PKI Dibongkar Penggagas, Pangkostrad Tidak Bisa Menolak

Museum ini Gambling to make moneydibuka untuk umum setiap Senin–Jumat pukul 08.00-16.00 WIB. Pengunjung tidak dikenai tarif tiket masuk untuk mengunjungi museum ini.

Gedung museum tersebut merupakan saksi bisu peristiwa Gerakan 30 September pada 1965.

Ide untuk menggunakan gedung tersebut sebagai museum diusulkan oleh Mayjen TNI Wiyogo Atmodarminto yang merupakan Pangkostrad X pada tahun 1980.

Kemudian, setelah lahirnya Kostrad pada 6 Maret 1961, bangunan ini digunakan menjadi Kantor Mayor Jenderal (Mayjen) Soeharto yang ketika itu menjabat sebagai Pangkostrad I.

Ketika itu, gedung tersebut digunakan oleh Mayjen Soeharto untuk merancang pengamanan Presiden RepubIik Indonesia I, serta menyusun rencana pencarian korban G30S.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Museum Dharma Bhakti Kostrad diresmikan 4 Maret 1997 oleh Presiden RI Ke-II Soeharto. Nama museum ini memiliki arti pengabdian terbaik Prajurit Kostrad.

Museum Dharma Bhakti Kostrad beralamat di Jalan Merdeka Timur No.3, RT.2/RW.1, Gambir, Jakarta Pusat, dan memiliki delapan ruangan. 

Pada awalnya gedung museum itu digunakan sebagai Kantor Komisaris Belanda.

Selanjutnya Letjen TNI Rudini yang merupakan Pangkostrad XII menjadikan bangunan dan gedung ini sebagai museum pada tahun 1981.

Hingga Pangkostrad XII, bangunan itu tetap berfungsi sebagai kantor. Namun, setelah itu bangunan tersebut dialihfungsikan sebagai museum.