Apa Itu Tuna Tataki? S「Baccarat rules table」elamatkan Brian dari Pressure Test MasterChef Indonesia

  • 时间:
  • 浏览:0

Baca juga: Resep Tuna Tataki, Makanan Jepang yang Dibuat Faiz MasterChef Indonesia

Kemudian, daging diiris tiBaccarat rules tablepis-tipis dan ditata rapi di atas piring.

Baca juga: Resep Onigiri Tuna Rendang, Menu Sahur Praktis Tinggal Panaskan

Tuna tataki kerap dibuat oleh peserta MasterChef Indonesia seperti pada season 7. Pasalnya, dapat dikatakan bahwa cara membuat tuna tataki relatif simpel.

Melihat peralatan tersebut, Brian memutuskan untuk membuat tuna tataki khas Jepang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Baca juga: Cara Membuat Katsuo Dashi, Kaldu Makanan Jepang dari Ikan Tuna

Sakamoto Ryouma, seorang tokoh terkemuka di Jepang pada abad ke-19, diyakini sebagai penemu teknik memasak tradisional Jepang ini di provinsi kuno Tosa, yang sekarang menjadi bagian dari Prefektur Kouchi.

Teknik memasak tataki banyak digunakan untuk mengolah ikan. Selain itu, tataki juga bisa digunakan untuk memasak swordfish dan daging sapi.

Meskipun sering dianggap sebagai teknik yang unik, tuna yang dimasak dengan teknik memasak tataki sering disajikan bersama hidangan sashimi lainnya.

Salah satu peserta yang menjalani pressure test adalah Brian. Ia mendapatkan sejumlah peralatan masak seperti 2 wajan teflon, cobek dan ulekan, serta beberapa wadah stainless steel.

Melansir Taste Atlas, tataki adalah teknik memasak yang banyak digunakan orang Jepang. 

Tuna yang diolah dengan teknik memasak tataki mulanya dipanggang di semua sisi, kemudian ditempatkan dalam es dan dibiarkan dingin.

KOMPAS.com - Pada MasterChef Indonesia season 8 episode Sabtu (12/6/2021) peserta yang masuk pressure test harus membuat masakan berdasarkan peralatan yang telah disediakan.

Saat tuna ditata di atas piring, seluruh hidangan biasanya disiram dengan kecap atau saus ponzu yang dicampur dengan jus jeruk dan diberi aroma jahe parut, bawang merah, dan irisan bawang putih.

Wilayah tersebut terkenal akan ikan cakalang tuna (katsuo) tataki, di mana potongan tuna dibakar di atas api terbuka.

Tuna tataki bisa dimakan sebagai hidangan satuan di restoran tradisional Jepang yang biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka.

Tuna tataki adalah teknik memasak tradisional ikan tuna dengan potongannya yang sempurna sehingga mampu memanggang semua sisi ikan tuna hingga matang.