Mengulik Perjal「Crystal Baccarat」anan Oseng Mercon Bu Narti, Jualan Sejak 1997

  • 时间:
  • 浏览:0

“TCryCrystal BaccaratstCrystal Baccaratal Baccaratahun 1997 jualan oseng Crystal Baccaratmercon yang pertama di Yogyakarta itu ibu saya. Karena pengin jualan yang orang lain belum ada. Maksudnya lain daripada yang lain, yang pedas banget gitu,” ungkap Dewi.

Menurut penuturan Dewi, Oseng Mercon Bu Narti mulai berjualan sejak tahun 1997.Kala itu Sunarti sengaja membuat hidangan bercita rasa pedas untuk jualan agar berbeda dengan sajian khas Yogyakarta lainnya.

Oseng Mercon Bu Narti mulai terkenal sejak tahun 1999. Dewi menjelaskan bahwa Bondan Winarno yang membuat warung ibunya ini semakin dikenal oleh masyarakat.

Mengutip dari “Jalan-jalan Kuliner Aseli Jogja” oleh Suryo Sukendro terbitan Media Pressindo, penemuan menu oseng mercon ini sebetulnya tidak sengaja.

Baca juga: Resep Oseng Mercon Daging Sapi Khas Yogyakarta, Pedasnya Mantap

Kala itu keluarga Narti kebingungan mengolah daging kurban yang terlampau banyak. Lalu orangtua Narti (nenek dari Bu Dewi) memasak daging kurban tersebut dengan potongan cabai.

Nama tempat tersebut adalah Oseng mercon Bu Narti. Warung Oseng Mercon Bu Narti menghidangkan oseng mercon yang terbuat dari tetelan daging sapi.

KOMPAS.com - Kuliner Yogyakarta identik dengan rasanya yang manis. Meski begitu ada satu warung lesehan legendaris yang justru menyajikan hidangan pedas.

Baca juga:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Ilustrasi oseng mercon di warung Bu Narti.

Cita rasa pedasnya membuat para penikmatnya ketagihan.

Menu tersebut lalu dijual dan ternyata banyak pembeli yang menyukainya. Lantas, Narti pun mencoba mengolah kembali menu kemudian memantenkannya.

Pemilik Oseng Mercon Bu Narti sekarang, Dewi Endah Karyani, membagikan cerita mulanya ibunya (Alm. Sunarti) membangun usaha ini.